Pages - Menu

23 Mei 2012

Software dan Hardware Video Editing

Software Video Editing
1. Apple iMovie
            Apple iMovie sebanding dengan software video editing lain yaitu, Windows Movie Maker. Tapi Apple iMovie digunakan pada sistem operasi MAC. Apple iMovie memiliki banyak fitur canggih. Sayangnya, perangkat Apple iMovie hanya gratis jika anda membeli sebuah sistem MAC baru (Download Software).



2. Avid FreeDV
            Avid FreeDV tersedia untuk Windows dan sistem operasi MAC, dan termasuk video dan audio dengan dasar kemampuan mengedit dengan baik. Secara keseluruhan, program editing video agak sulit digunakan, tapi sangat bagus sekali hasilnya anda mampu menguasinya.


3. Wax
            Merupakan program perangkat lunak video editing dengan tingkat kinerja yang tinggi dan fleksibel. Wax dapat digunakan sebagai sebuah plug-in untuk editor video lainnya.



4. Zwei-Stein
            Zwei-Stein adalah software video editing berfitur lengkap, menawarkan banyak efek yang berbeda. Dapat mengedit hingga 256 video, audio, dan gambar klip. Ada sampai dengan 64 efek.


5. Microsoft Movie Maker
            Software ini secara otomatis sudah terinstal di komputer yang menjalankan Windows XP, Movie Maker memiliki fitur drag dan drop untuk membuat membuat dan mengedit film agar lebih mudah.


Windows Movie Maker dapat digunakan untuk mengcapture audio dan video dari camera video, web camera atau dari sumber video lainnya. Lalu kemudian mengedit hasil capture tersebut menjadi sebuah movie. Selain itu anda dapat melakukan import audio, video maupun gambar ke dalam Windows Movie Maker untuk dipakai bersama movie yang dibuat. Dalam proses edit audio dan video menggunakan Windows Movie Maker anda dapat menambahkan title, transisi dan efek visual sesuai dengan keinginan, untuk kemudian menyimpan hasil final berupa movie ke dalam berbagai format video.
            Fasilitas yang disediakan didalam program ini terbilang cukup lengkap. Tersedianya fasilitas capture, import, timeline, storyboard, beraneka transisi dan efek video, serta fasilitas render. Walaupun masih memiliki berbagai keterbatasan.
Area kerja Windows Movie Maker terdiri dari beberapa bagian :
  1. Menu Bar dan Toolbar
  2. Movie Task Pane
  3. Collections Pane dan Content Pane
  4. Monitor
  5. Timeline
  6. Storyboard
Cara menggunakan Movie Maker
  1. Pilih video-video yang hendak Anda gabungkan dan ‘drag’ ke dalam Movie Maker. Anda bisa mengatur urutan video.
  2. Setelah urutan video diperoleh, Piliha saja theme mana yang disukai dan Movie Maker akan langsung memutar preview hasilnya. Jika sudah cocok, klik pada theme yang disukai.
  3. Apabila Anda belum memasukkan audio, Movie Maker akan meminta Anda memasukkan audio.
  4. Anda bisa mengganti judul video dengan mengklik pada tampilan judul. Anda juga bisa mengganti tampilan pada akhir video dengan mengisikan nama-nama sesuka Anda.
Anda dapat menyimpan video anda akan diberikan pilihan beragam format yang umum digunakan.


Hardware Video Editing
1. Komputer (PC)
            Untuk membuat video dibutuhkan komputer sebagai pengoreksi, menambahkan keterangan, menambahkan efek, ataupun menyisipkan lagu – lagu yang kita sukai ke dalam video kita.

2. Kamera
            Secara umum, kamera hanya digunakan untuk mengambil gambar (foto). Tetapi sebagian kamera saat ini juga dapat digunakan untuk merekam video.

3. Handycam
            Merupakan alat utama untuk mengambil kejadian, acara, atau momen yang ingin kita abadikan dalam bentuk gambar bergerak.  Berbagai macam merek handycam seperti sony, JVC, samsung, dll tentu memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan masing – masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar