Pages - Menu

17 Mei 2012

RJ45

RJ 45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.

Konektor kabel RJ 45 Mediatech memiliki dua jenis, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya:
1.      Straight Through Configuration
            Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer  di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45.
2.      Cross Over Configuration
            Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat, sebagai contoh koneksi antara PC to PC.


Pengaruh Kabel RJ 45 Pada Kecepatan Koneksi Internet
      Kabel RJ 45 mempengaruhi kecepatan access koneksi, semakin panjang kabel yang dipasang akan semakin besar hambatan koneksinya, maximum kabel yang kita pakai 20 Meter.
      Kabel Ethernet dapat mengirimkan hingga 1000Mbps tapi itu tergantung pada adaptor jaringan pada perangkat anda.


Cara Setting
Persiapan pertama yang harus  dilakukan adalah  harus mempersiapkan sebuah kabel jaringan yang telah dipasangi sebuah konektor RJ45. Apabila anda kesulitan mencarinya, hubungi administrator jaringan di tempat anda untuk mendapatkan spesifikasi mengenai kondisi jaringan beserta panjang kabel yang harus anda siapkan atau anda dapat memesan kabel dan konektor RJ45 pada toko komputer terdekat.
Langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Pasang ujung kabel/konektor RJ45 pada port jaringan yang ada.
  2. Pasang ujung yang lain dengan Switch/Hub/komputer lain.
  3. Hidupkan Desktop PC anda (anda juga dapat menghubungkan kabel jaringan setelah komputer menyala).
  4. Klick System, Administration, Network


Cara Pemasangan
      Untuk memasang konektor pada kabel UTP dibutuhkan tang khusus yang biasa disebut “crimp tool”. Ketika akan memasangnya, potong ujung kabelnya. Kemudian susun kabel lalu diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool.


Pin RJ 45
      Ketika menekan konektor pada kabel UTP, saat itu Pin RJ 45 sebenarnya sudah menembus sampai kedalam kabel.
      Kemudian test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan. Jika lampu led yang ada pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada Pin tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu tekan lagi menggunakan crimp tool.

1.      Straight Through Configuration


Tipe ini adalah yang paling mudah dibuat. Karena langsung korespondensinya 1-1. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.  Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misalnya yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak masalah.


1.      Cross Over

Tipe cross digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC. Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbeda adalah cara pasangnya. Pada tipe cross, pin 1 disambungkan ke pin 3, pin 2 ke 6, pin 3 ke 1 dan pin 6 ke 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar